Panduan Belajar Memanah Untuk Pemula - Syams Archery

Panduan Belajar Memanah Untuk Pemula

2 tahun yang lalu    
Catatan: Artikel ini merupakan artikel pengantar dari rangkaian panduan / tutorial belajar memanah untuk pemula. Semua artikel pada website ini disajikan secara sederhana dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pemula, sehingga bisa saja ada sedikit perbedaan istilah dengan ilmu panahan yang disajikan oleh kurikulum pendidikan.

 يُدْخِلُ بِالسَّهْمِ الْوَاحِدِ ثَلَاثَةَ نَفَرٍ الْجَنَّةَ صَاحِبَهُ الَّذِي يَحْتَسِبُ فِي صَنْعَتِهِ الْخَيْرَ وَالَّذِي يُجَهِّزُ بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِي يَرْمِي بِهِ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَقَالَ ارْمُوا وَارْكَبُوا وَإِنْ تَرْمُوا خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَرْكَبُوا

Artinya : “Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan memasukkan tiga orang ke dalam surga lantaran satu anak panah; orang yang saat membuatnya mengharapkan kebaikan, orang yang menyiapkannya di jalan Allah serta orang yang memanahkannya di jalan Allah.” Beliau bersabda: “Berlatihlah memanah dan berkuda. Dan jika kalian memilih memanah maka hal itu lebih baik daripada berkuda.” (HR. Ahmad – 16699)

Memanah merupakan kegiatan yang menyenangkan.Banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan memanah. Manfaat yang paling umum dikenal adalah menjaga kesehatan, karena memanah merupakan kegiatan fisik yang cukup menguras keringat apabila dilakukan dengan benar. Selain itu memanah juga mampu melatih dan meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi seseorang. Hal ini disebabkan karena untuk menembak dengan tepat sasaran, seorang pemanah harus benar-benar tenang dan fokus terhadap teknik yang digunakan. Dan dari segi ibadah, memanah merupakan kegiatan yang berpahala, banyak hadist yang menjelaskan tentang keutamaan memanah ini. Jadi daripada menghabiskan waktu untuk permainan yang tidak bermanfaat, akan sangat baik apabila kita mengisi waktu kita dengan olahraga ibadah memanah ini.

Memanah bukan kegiatan yang sulit untuk dipelajari, namun bukan juga keahlian yang bisa dianggap remeh sehingga semua orang bisa melakukannya. Sama seperti olahraga dan kegiatan lain, perlu ilmu dasar mengenai teknik dan teori panahan, yang selanjutnya dikembangkan dengan latihan rutin.

Banyak orang yang memulai panahan dengan anggapan memanah itu kegiatan yang mudah dan sederhana, "hanya" sekedar menarik anak panah dan melepaskannya. Memang benar, jika sekedar menarik dan melepaskan anak panah, semua orang bisa melakukannya. Namun bagaimana dengan akurasi dan konsistensi anak panah yang menancap pada target? Tentunya teori dan ilmu dasar tidak boleh dilewatkan dalam memulai belajar memanah, yang kemudian diasah dengan latihan konsisten dan rutin.

Baiklah! Sekarang saya mau mulai belajar memanah, lalu apa yang harus saya lakukan? Pertama, pelajari dulu teori dasarnya. Hal ini bisa kita bagi menjadi 2 garis besar, yaitu peralatan memanah dan teknik memanah.
Bagi pemula, peralatan memanah yang harus diketahui meliputi beberapa hal dasar, yaitu busur, anak panah dan perlengkapan safety / perlindungan. Hal ini akan kita bahas lebih jauh pada artikel berikutnya.


Sedangkan teknik memanah, untuk menyederhanakan bisa kita bagi menjadi 2 yaitu thumbdraw untuk horsebow (busur panah yang bisa digunakan untuk memanah sambil berkuda) dan 3 finger draw / mediterranian yang biasa digunakan untuk memanah dengan busur standard bow / recurve bow / long bow. Sebagai catatan, draw / drawing adalah istilah untuk proses menarik anak panah sebelum dilepaskan dari busur.

Beberapa orang beranggapan bahwa panahan yang disunnahkan adalah dengan teknik thumbdraw, namun saya pribadi sepaham dengan anggapan bahwa semua kegiatan yang "melontarkan senjata" termasuk sunnah (Anda bisa cari kajian-kajian yang membahas tentang hadist ini untuk lebih jelasnya). Jadi tidak masalah apabila Anda menggunakan thumbdraw atau 3 finger draw. Hanya saja, teknik 3 finger akan susah / tidak bisa digunakan untuk memanah sambil berkuda. Jika Anda menginginkan suatu saat untuk mempelajari panahan berkuda, ada baiknya mempertimbangkan untuk mempelajari teknik thumbdraw sejak awal.

Perlu ditekankan, bahwa dalam belajar memanah sebaiknya mencari mentor / teman yang sudah bisa memanah dengan benar. Minimal menguasai dasar-dasar ilmu tentang peralatan, safety dan teknik postur tubuh dalam memanah. Hal ini sangat penting, karena tidak jarang "kecelakaan" terjadi dalam memanah karena pemula yang kurang ilmu. Beberapa kasus yang umum terjadi seperti salah memasang string pada busur, perlakuan dan perawatan busur yang salah sehingga menyebabkan kerusakan busur. Luka dan cidera juga dapat terjadi jika pemanah tidak paham teknik dasar dan memanah sembarangan. Karena itu jangan asal memanah. Jangan malu untuk bertanya dan segera bergabung ke komunitas panahan agar lebih semangat dalam berlatih dan terarah dengan baik.



Artikel Terkait


  1 tahun yang lalu

Komentar Artikel "Panduan Belajar Memanah Untuk Pemula"